Edukasi gizi merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan status gizi balita. Melalui penyuluhan gizi, orang tua memperoleh pengetahuan mengenai gizi seimbang dan penangan masalah gizi. Rumusan masalah bagaimana efektivitas edukasi gizi terhadap pola pemberian makanan seimbang pada balita 24-59 bulan di Puskesmas Limboto. Tujuan penelitian untuk mengetahui efektivitas edukasi gizi terhadap pola pemberian makanan seimbang pada balita 24-59 bulan di Puskesmas Limboto. Metode penelitian kuantitatif dengan desain quasi experiment jenis pretest-posttest control group design. Sampel berjumlah 30 ibu yang memiliki balita gizi kurang, dipilih melalui teknik purposive sampling, 15 orang sebagai kelompok perlakuan dan 15 kelompok kontrol. Data di analisis uji Independent Sample T-Test. Hasil penelitian, ada peningkatan pola pemberian makanan seimbang pada kelompok perlakuan setelah diberikan edukasi gizi. Rata-rata pretest adalah 48,53 meningkat menjadi 73,73 pada posttest, dengan selisih rata-rata sebesar 25,20. Hal ini menunjukkan adanya perubahan setelah edukasi dilakukan. Edukasi gizi efektif terhadap pola pemberian makanan seimbang pada balita 24-59 bulan di Puskesmas Limboto, dengan nilai signifikansi (p-value) sebesar 0,000 (Sig. (2-tailed) < 0,05), yang menunjukkan bahwa perbedaan rata-rata antara dua kelompok. Saran, edukasi gizi perlu dilanjutkan secara rutin untuk mempertahankan dan meningkatkan pola makan seimbang pada balita Kata Kunci: Edukasi Gizi, Pola Pemberian Makan, Balita, Isi Piringku