BAURAN PEMASARAN 7P PADA BAROKAH SHOP GORONTALO

ZENITA EKA PUTRI (291418060)
Skripsi
Pembimbing
Dr. Sumarjo, S.Pd.,M.Si (0009067607)
Siti Mayasari Pakaya, S.Sos., M.I.Kom (0015059009)
Tanggal Upload
03-02-2025
Abstract

Dalam dunia yang terglobalisasi ini, pemasaran merupakan proses jual-beli yang membutuhkan komunikasi yang baik serta teori yang relevan agar proses pemasaran tersebut bisa bertahan lama sekaligus berkembang dengan baik untuk dapat menguntungkan penjual maupun pembeli. Oleh karena itu, penerapan bauran pemasaran 7P yang dilakukan oleh pihak toko menjadi prioritas utama. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah (1) Bagaimana pemasran di Barokah Shop Gorontalo dan (2) Berdasarkan permasalahan tersebut, bagaimana dalam perspektif bauran pemasaran 7P. Tujuan penelitiannya adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan bauran pemasaran 7P Barokah Shop Gorontalo; serta untuk mengetahui penerapan bauran pemasaran 7P yang tepat dilakukan oleh Barokah Shop Gorontalo. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif yang melibatkan sembilan informan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa toko Barokah Shop tidak sepenuhnya melaksanakan seluruh poin dari bauran pemasaran 7P, yang mana Barokah Shop Gorontalo hanya terfokus pada penyediaan produk yang bagus, lengkap dan berkualitas, harga yang murah dan terjangkau, pelaksanaan promosi yang tergolong agresif dan menarik perhatian calon pembeli dan pelanggan serta tempat yang bersih dan nyaman. Penelitian ini menyimpulkan bahwa Barokah Shop memiliki keunggulan pada beberapa poin bauran pemasaran seperti unsur produk, harga, tempat, serta promosi, dan masih memiliki kekurangan pada proses dan lingkungan fisik. Kata kunci: Bauran Pemasaran, Promosi, Barokah Shop