Nopi Anggraeni, 2016. Pembelajaran Teknik Bermain Instrumen Saron Melalui Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas X Mia Di SMA Negeri 2 Toili Kab Banggai. Program Studi S1 Pendidikan Seni Drama Tari dan Musik, Fakultas Sastra dan Budaya, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1).Dr. Mimy Astuty Pulukadang S.Pd, M.Sn. Pembimbing 2).Dr. La Ode Karlan, S.Pd.,M.Sn. Pembelajaran Teknik Bermain Instrumen Saron Melalui Metode Demonstrasi merupakan penelitian yang bertujuan untuk melihat dan mendesriksipkan sejauh mana penerapan metode Demonstrasi pada pembelajaran musik tradisional di kelasX MIA Di SMA Negeri2Toili. Untuk menjawab permasalahan dalam penelitian ini digunakan beberapa teori yaitu Pembelajaran, Musik Tradisional, Teknik Bermain, Metode Demonstrasi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif guna membantu memahami dan mendeskrisikan hal-hal yang berkaitan dengan permasalahan yang ada dalam penelitian. Hasil penelitian ini menunjukan pada saat proses pembelajaran memasuki tahap penerapan metode Demonstrasi yang sangat berpengaruh. Tanggung jawab dari setiap siswa semakin tinggi untuk membawakan tugas yang telah didapatkan dalam memainkan Instrumen Saron menggunakan Teknik yang baik dan benarsecara bersama-sama dengan teman lainnya dari awal hingga akhir. Meskipun dalam prosesnya masih terdapat siswa yang masih keliru atau kurang tepat dalam memainkan Instrumen Saron,setiap siswa perlu memupuk kerjasama baik antara siswa dalam satu kelompok maupun siswa secara individu. Dari penelitian ini didapatkan hasil yaitu berdasarkan penilaian individu dengan tiga indicator penilaian,siswa yang mendapat nilai ‘Sangat Baik (SB)’ dan Sembilan orang siswa mendapat nilai ‘Baik (B)’. Kata kunci :Pembelajaran, Teknik Bermain,Saron , Demonstrasi.