PENGEMBANGAN MODUL AJAR BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA SISTEM PERNAPASAN MANUSIA DI KELAS XI SMA TERPADU WIRA BHAKTI GORONTALO

ARIKA AZMI HASSAN (431421010)
Skripsi
Pembimbing
Dr. Frida Maryati Yusuf, M.Pd (0005016808)
Drs. Mustamin Ibrahim, M.Si (0016066804)
Tanggal Upload
19-03-2025
Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan validitas, kepraktisan dan menganalisis hasil belajar peserta didik pada modul ajar berbasis Problem Based Learning (PBL) materi Sistem Pernapasan Manusia. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE yang dibatasi sampai pada tahap development dengan uji coba skala terbatas. Subjek uji coba pada penelitian ini melibatkan 24 peserta didik kelas XI IPA 3 SMA Terpadu Wira Bhakti Gorontalo tahun ajaran 2024/2025. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi, angket dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukan pada uji validasi modul ajar memperoleh persentase rata-rata sebesar87% (sangat valid), LKPD 78% (valid), dan instrumen soal 84% (sangat valid).Respon peserta didik diperoleh persentase rata-rata 91,87% (sangat layak). Analisis hasil belajar menunjukkan N-Gain sebesar 0,8 (kategori tinggi). Dengan demikian menunjukan bahwa modul ajar berbasis Problem Based Learning (PBL) yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid dan praktis sehingga layak digunakan sebagai penunjang pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi sistem pernapasan manusia di kelas XI SMA Terpadu Wira Bhakti Gorontalo. Kata Kunci: Modul Ajar, Problem Based Learning (PBL), Sistem Pernapasan Manusia