Imam Mashudi, 2023. Pengembangan Buku Ajar Kewirausahaan Dengan Model Blanded learning berbasis Society 5.0 pada Mahasiswa Universitas Bina Mandiri Gorontalo. Disertasi. Program Studi Ilmu Pendidikan. Program Pascasarjana dengan Promotor Ibu Prof. Dr. Hj. Asna Aneta, M.Si, Co Promotor 1 Bapak Prof. Dr. Abdul Haris Pana I, M.Pd dan Co Promotor 2 ibu Prof. Dr. Novianty Djafri, M.Pd.I Penelitian ini bertujuan untuk mendesaian (1) Media Pembelajaran Dengan Model Blanded learning Berrbasis Society 5.0 Pada Mahasiswa Universitas Bina Mandiri Gorontalo, (2) Pengembangan Buku Ajar Kewirausahaan Dengan Model Blanded learning Berrbasis Society 5.0 Pada Mahasiswa Universitas Bina Mandiri Gorontalo, (3) Efektifitas Model Blended Learning berbasis Sosciety 5.0 pada Mahasiswa Universitas Bina Mandiri Gorontalo. Jenis Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research and development) dengan model Dick and Cerry. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, penyebaran angket dan observasi. Sedangkan Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Prosedur penelitian meliputi kegiatan: (1) studi pendahuluan, (2) pengembangan desain, (3) validasi ahli dan praktisi, (4) uji coba terbatas, (5) implementasi model dan (6) model direkomendasikan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Universitas Bina Mandiri Gorontalo menggunakan 2 konsep media pembelajaran yaitu media pembelajaran online dan blanded learning. Dimana dalam pelaksanaannya pengguanaan aplikasi zoom cloudh meeting dianggap lebih efektif dibandinkan dengan aplikasi lainnya seperti WhatsAAp Group dan Google meeting. (2) Pengembangan Buku Ajar Kewirausahaan dengan model blanded learning berbasis Society 5.0 dilihat dari sisi kepraktisannya berada pada tingkat kriteria sangat praktis untuk di gunakan dengan nilai rata-rata 87,43 untuk hasil dari nilai keefektifan buku ajar memperoleh kriteria efektif untuk digunakan dengan nilai rata-rata 85,90%, dan untuk hasil uji statistik Wilcoxon Signed Ranks Test diperoleh bahwa buku ajar yang yang dkembangkan melalui uji coba pada kelompok besar memiliki nilai efektif untuk dapat digunakan. (3) Efektifitas model pembelajaran blended learning berbasis Society 5.0 melalui angket yang disusun diperoleh bahwa penggunaan model pembelajaran blended learning tergolong efektif dalam penilaian mahasiswa dengan nilai rata-rata 85,23?n sangat efektif untuk penilaian yang dilakukan oleh dosen dengan nilai rata-rata 89.77%. Temuan penelitian ini menghasilkan model baru yaitu Model IMAM yang dirujuk dari 2 model pembelajarna yaitu model Dick and Cerrey dan model blended learning. Model IMAM sebagai model pembelajaran yang dimulai dari identifikasi, Manajemen kelas, Adaptif dan aktif hingga Mandiri menjadi representatif semangat nilai-nilai kearifan lokal Gorontalo yaktu Mooluhu yang artinya rajin. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Buku Ajar, Blended Lerarnig, Dick and Cerry.