Purba, Dean Gusti Daniel. 2023. Gambaran Masalah Belajar dan Resiliensi Akademik Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Negeri Gorontalo. Skripsi, Program Studi Kedokteran, Fakultas Kedokteran Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I dr. Muhamad Nur Syukriani Yusuf, M.Med.Ed dan pembimbing II dr. Zuhriana K. Yusuf, M. Kes. Mahasiswa selama menempuh pendidikan perguruan tinggi secara alamiah mengalami masalah, salah satunya masalah belajar. Upaya untuk bisa mengatasi masalah belajar dan tuntutan akademik disebut dengan resiliensi akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui masalah belajar dan resiliensi akademik mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Negeri Gorontalo. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan desain deskriptif dan menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini dilakukan di Fakultas Kedokteran Universitas Negeri Gorontalo bulan Mei hingga Juni 2023. Sampel yang diambil adalah 137 mahasiswa dengan instrumen penelitian berupa kuisioner Academic Ressilience Scale 30 versi Indonesia dan penilaian masalah belajar dilakukan menggunakan kuisioner penelitian terdahulu yang dimodifikasi. Hasil penelitian menunjukan masalah belajar mahasiswa dalam kategori sedang 100 (73%), rendah 36 (26.3%), dan tinggi 1 (0.72%). Resiliensi akademik mahasiswa dalam kategori tinggi 92 mahasiswa (63.7%) dan sangat tinggi 45(26.3%). Masalah belajar mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Negeri Gorontalo pada tingkat sedang dan resiliensi akademik pada tingkat tinggi. Sehingga perlu dilakukan penelitian mengenai hubungan masalah belajar dan resiliensi akademik. Kata Kunci : Mahasiswa kedokteran, masalah belajar, resiliensi akademik Daftar Pustaka : 57 (2010-2022)