Sinta Yuliana, 2023. Mengukur Tingkat Kemampuan Berpikir Kognitif Peserta Didik Pada Konsep Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Laju Reaksi. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Kimia, Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Bapak Drs. Mangara Sihaloho, M.Pd dan Pembimbing II Bapak Jafar La Kilo, S.Pd, M.Sc. Proses pendidikan berfokus pada perkembangan peserta didik. Salah satunya adalah kemampuan kognitif. Ranah kognitif mencakup perilaku yang memfokuskan pada aspek intelektual seperti kemampuan berpikir tingkat rendah : Mengingat, Memahami dan Mengaplikasikan serta kemampuan berpikir tingkat tinggi : Menganalisis, Mengevaluasi dan Mencipta. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat kemampuan berpikir kognitif peserta didik kelas XI IPA pada konsep faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi di SMAN I Kabila, SMAN I Suwawa dan SMAN I Tapa. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif. Instrumen yang digunakan yaitu soal tes pilihan ganda dan wawancara peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan persentase tingkat kemampuan berpikir kognitif peserta didik berdasarkan ranah kognitif: Mengingat (SMAN I Kabila=43,82%. SMAN I Suwawa=39,20%. Dan SMAN I Tapa=35,92%), Memahami (SMAN I Kabila=34,27%. SMAN I Suwawa=38,89%. Dan SMAN I Tapa=29,23%), Menerapkan (SMAN I Kabila=36,24%. SMAN I Suwawa=48,15%. Dan SMAN I Tapa=30,63%), Menganalisis (SMAN I Kabila=22,47%. SMAN I Suwawa=24,07%. Dan SMAN I Tapa=17,25%), Mengevaluasi (SMAN I Kabila=46,35%. SMAN I Suwawa=36,73%. Dan SMAN I Tapa=34,51%), dan Mencipta (SMAN I Kabila=35,39%. SMAN I Suwawa=34,88%. Dan SMAN I Tapa=28,17%). Didapat rata-rata persentase kemampuan berpikir kognitif di SMAN I Kabila 36,45% (Kategori Kurang). SMAN I Suwawa 36,99% (Kategori Kurang). Dan SMAN I Tapa 29,29% (Kategori Sangat Kurang). Kata Kunci : Tingkat Kemampuan Berpikir, Ranah Kognitif, perkembangan peserta didik dan Pengaruh Faktor Laju Reaksi.