TINGKAT KEPUASAN MAHASISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI JURUSAN KEPERAWATAN UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO

RIRIN ABAS (841418071)
Skripsi
Pembimbing
Dr. Ansar Katili, M.Kes (1956010619)
Ibrahim Suleman, S.Kep.,Ns.,M.Kep (1991030520)
Tanggal Upload
22-05-2024
Abstract

Ririn Abas. 2024. Tingkat kepuasan mahasiswa dalam proses pembelajaran di Jurusan Keperawatan. Skripsi, Program Studi Ilmu Keperawatan, Jurusan Keperawatan, Fakultas Olahraga dan Kesehatan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Ansar Katili M.Kes dan Pembimbing II Ns. Ibrahim Suleman, M.Kep Proses pembelajaran adalah suatu proses mengatur, mengorganisasi lingkungan yang ada disekitar. Sehingga dapat menumbuhkan dan mendorong peserta didik melakukan proses pembelajaran. Dalam proses pembelajaran ditemukan kendala media yang dikelompokan menjadi dua yiatu faktor internal seperti, bakat, minat, dan cara belajar. Sedangkan faktor eksternal yaitu kualitas dosen, metode menagajar, fasilitas perlengkapan, keadaan ruangan, masyarakat dan lingkungan. Nilai dan kualitas proses pembelajaran diterima mahasiswa ada kepuasan yang dirasakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan mahasiswa terhadap proses pembelajaran di jurusan keperawatan Universitas Negeri Gorontalo Desain penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel adalah random sampling pada 228 responden mahasiswa keperawatan. Analisa data adalah univariat untuk mendeskripsikan karakteristik variabel penelitian. Hasil penelitian ini didapatkan bahwa tingkat kepuasan mahasiswa keperawatan adalah 143 responden cukup puas (62,7%), puas 81 responden (41,7%) dan tidak puas 4 responden (1,8%). Penelitian ini diharapkan dapat dijadikan bahan evaluasi pihak institusi pendidikan agar dapat memperhatikan berbagai dimensi tingkat kepuasan mahasiswa keperawatan terhadap proses pembelajaran. Kata Kunci : Tingkat Kepuasan, Proses Pembelajaran, Mahasiswa Keperawatan Daftar Pustaka : 24 (2015-2023)