Windi Oktaviani Ibrahim 151 416 067 “Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Melalui Teks Percakapan Di Kelas II SDN 1 Bulango Timur”. Tugas Akhir Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra Salma Halidu, S.Pd, M.Pd. Pembimbing II Dra Ratnarti Pahrun, M.Pd. Rumusan masalah Apakah melalui teks percakapan dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa melalui teks percakapan di kelas II SDN 1 Bulango Timur? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa melalui teks percakapan di kelas II SDN 1 Bulango Timur. Metode yang digunakan adalah Peneltian Tindakan Kelas. . Penelitian ini dilaksanakan dalam bentuk siklus dan masing-masing siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia masih dalam kategori rendah. Hasil observasi awal menunjukkan bahwa dengan taraf presentase 20?ri 10 siswa belum bisa membaca teks percakapan. Oleh karena itu peneliti melakukan tindakan menggunakan teks percakapan. Dari hasil pengamatan yang dilakukan pada aktivitas belajar siswa, terjadi peningkatan sebesar 30% pada siklus I dan pada siklus II aktivitas belajar siswa mencapai 80%. Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada siklus I dan siklus II dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan teks percakapan dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas II SDN 1Bulango Timur, hal ini ditinjau dari meningkatkan aktivitas belajar siswa dari 30% naik menjadi 80%. Kata Kunci : Membaca, Teks Percakapan