Sindi Natasya Baco. 2025. Pengembangan Media Pembelajaran Menulis Cerpen Berbasis Aplikasi Canva Bagi Siswa Kelas Iv Sdn Kecamatan Nambo Kabupaten Banggai Sulawesi Tengah. Tesis . Program Studi Pendidikan Dasar. Pembimbing 1 : Prof Dr. Maryam, M.Pd. Pembimbing 2 : Dr. Wiwy Triyanty Pulukadang, S.Pd, M.Pd. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk Mengetahui kondisi awal pelaksanaan pembelajaran menggunakan media pembelajaran menulis cerpen ini melalui aplikasi Canva. (2) Untuk Menghasilkan media pembelajaran menulis cerpen bagi siswa kelas IV SDN Kecamatan Nambo. (3) Untuk Mengetahui kelayakan media pembelajaran menulis cerpen bagi siswa kelas IV SDN Kecamatan Nambo. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) menggunakan model pengembangan 4D (Define, Design, Development, dan Dissemination). Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas kelayakan dan uji kepraktisan media pembelajaran menulis cerpen berbasis aplikasi canva yang diolah dengan rumus statistika sederhana. Hasil penelitian menunjukkan pengembangan media pembelajaran menulis cerpen berbasis aplikasi canva bagi siswa kelas IV SD dapat meningkatkan daya tarik, semangat dan kemampuan peserta didik dalam belajar. Dibuktikan dengan kondisi awal media pembelajaran menulis cerpen masih menggunakan buku cetak, bukan dalam bentuk media digital. Hal ini disebabkan karena keterbatasan waktu yang dimiliki oleh guru. Hal itu menyebabkan peserta didik kurang bergairah belajar pada materi menulis cerpen. Media pembelajaran menulis cerpen berbasis aplikasi canva telah di validasi oleh ahli Materi, media dan bahasa. Hasil validasi materi memperoleh presentase nilai 92?ngan kategori “Sangat Layak”, Hasil validasi Media memperoleh presentase nilai 95?ngan kategori “Sangat Layak” dan Hasil validasi Bahasa memperoleh presentase nilai 94?ngan kategori “Sangat Layak”. Karena didesain dengan tampilan yang menarik, terdapat kuis dan ice breaking di dalamnya dan disukai siswa. Kata Kunci : Pengembangan, Media Pembelajaran, Cerpen