Adeliya A Usman. Nim 411418106. Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Index Card Match Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Kelas XII Mia 1 SMA Negeri 1 Gorontalo Utara Pada Materi Peluang. Skripsi. Gorontalo. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo, 2023. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Nurhayati Abbas, M.Pd, (2) Drs. Franky Alfrits Oroh, M.Si. Penelitian yang dipakai adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini bertujuan guna menaikkan hasil belajar pada materi peluang dengan menggunakan contoh pembelajaran Index Card Match pada siswa kelas XII Mia 1 SMA Negeri 1 Gorontalo Utara. Tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, serta refleksi dari proses penelitian dibagi menjadi dua siklus. 33 orang siswa dan seorang guru sebagai subjek penelitian. Tes hasil belajar, lembar observasi siswa, dan lembar observasi guru adalah alat riset yang digunakan. Proporsi kinerja pengembang dinilai baik dan sangat baik meningkat dari 77% meningkat menjadi 93%. Selanjutnya lembar observasi kegiatan siswa yang mencapai kategori baik dan sangat baik juga meningkat dari 64% menjadi 90%, untuk hasil belajar mengalami peningkatan yaitu dari 66.24% menjadi 85.45%. Dengan menggunakan model pembelajaran yang dipilih, setiap aspek pembelajaran memperoleh pencapaian indikator keberhasilan pembelajaran pada siklus II secara sinkron. Berdasarkan penelitian diatas, penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Index Card Match memiliki keunggulan dalam meningkatkan hasil belajar matematika pada materi peluang. Kata kunci: Hasil Belajar, Pembelajaran Bersiklus Index Card Match