Anastasya Ramadiana, NIM 411418052. Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Dengan Menggunakan Media Pembelajaran GeoGebra Pada Materi Dimensi Tiga Di Kelas XII IPA 5 SMA Negeri 1 Gorontalo. Skripsi. Gorontalo. Program Studi Pendidikan Matematika Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing : (I) Nurwan, S.Pd, M.Si, (2) Bertu Rianto Takaendengan, S.Pd, M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa dengan menggunakan media pembelajaran GeoGebra pada materi dimensi tiga di kelas XII IPA 5 SMA Negeri 1 Gorontalo. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model Kemmis dan McTaggart sebagai desain penelitian dengan tahapan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dengan 2 siklus. Penelitian ini melibatkan 30 orang siswa kelas XII IPA 5 SMA Negeri 1 Gorontalo sebagai subjek penelitian. Teknik yang dilakukan dalam pengumpulan data pada penelitian ini dengan observasi kegiatan guru, observasi kegiatan peserta didik dan tes kemampuan pemecahan masalah. Rata-rata hasil pengamatan kegiatan guru dengan kategori baik dan sangat baik meningkat dari 69,41% menjadi 83,33%. Adapun untuk hasil tes kemampuan pemecahan masalah peserta didik perolehan nilai ketuntasannya meningkat dari 70% menjadi 83,33?ri 30 peserta didik. Sehingga seluruh aspek penilaian telah mencapai kriteria keberhasilan tindakan pada siklus II dengan menggunakan media pembelajaran GeoGebra. Kata Kunci : Pemecahan Masalah, GeoGebra, Dimensi Tiga.