Sri Juwita Katili. 2023. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Ryleac Berbasis STEM Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 2 Satap Asparag Pada Materi Bunyi. Tesis, Program Studi Pendidikan Fisika Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Dr. Tirtawaty Abdjul, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing 2 Dr. Sc. Yayu Indriati Arifin, S.Pd., M.Si Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran model ryleac berbasis STEM yang valid, praktis, dan efektif terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan model 4-D (Define, Design, Develop, dan Disseminate) dengan subjek ujicoba terbatas 10 siswa, dan subjek ujicoba meluas dilaksanakan di dua kelas yaitu kelas A (20 siswa) dan Kelas B (22 siswa) kelas VIII SMP Negeri 2 Satap Asparaga Tahun Pelajaran 2021/2022. Hasil Penelitian menunjukan bahwa: 1) Perangkat pembelajaran model ryleac berbasis STEM yang dikembangkan berkategori sangat valid menurut ahli; 2) Perangkat pembelajaran praktis digunakan dimana diperoleh nilai rata-rata untuk keterlaksanaan pembelajaran berkategori sangat baik dan respon siswa terhadap pembelajaran menunjukkan sikap positif terhadap pelaksanaan pembelajaran; 3) Efektivitas perangkat pembelajaran dilihat dari a) aktivitas siswa memperoleh kategori baik dan sangat baik b) tes hasil belajar siswa pada ujicoba terbatas dan meluas memperoleh hasil 0,74 dengan kategori tinggi dan sedang yang artinya perangkat pembelajaran model reyleac berbasis STEM efektif untuk digunakan. Kata Kunci: Perangkat Pembelajaran, Model Ryleac, STEM, dan Hasil Belajar