ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI STOIKIOMETRI MENGGUNAKAN TES DIAGNOSTIK FIVE TIER DI SMA NEGERI 4 GORONTALO

MIFTAHUL NUR (441420008)
Skripsi
Pembimbing
Dra. Nurhayati Bialangi, M.Si (0029056204)
Julhim S. Tangio, S.Pd., M.Pd (0028087508)
Tanggal Upload
12-11-2024
Abstract

Miftahul Nur. 2024. Analisis Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Stoikiometri Menggunakan Tes Diagnostik Five Tier Di SMA Negeri 4 Gorontalo. Skripsi. Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Dra. Nurhayati Bialangi, M.Si dan Pembimbing 2 Julhim S. Tangio, S.Pd., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui level pemahaman konsep serta persentase pemahaman konsep siswa pada materi stoikiometri menggunakan tes diagnostik five tier. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2023/2024. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIPA di SMA Negeri 4 Gorontalo dengan jumlah sampel sebanyak 18 orang. Data yang digunalan dalam penelitian ini berupa hasil tes diagnostik five tier terkait pemahaman konsep siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase siswa yang paham konsep sebesar 13,0%, paham konsep sebagian sebesar (ASC) 9,1%, kurang pengetahuan (LK) sebesar 37,8%, tidak paham konsep (NU) sebesar 13,7%, miskonsepsi sebesar 17,6%, dan eror (UnC) sebesar 8,8%. Pemahaman konsep siswa pada materi stoikiometri masih tergolong dalam kriteria sangat rendah. Kata Kunci: Pemahaman Konsep, Five Tier, Stoikiometri