PENGARUH PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN INQUIRI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS DI MA SALAFIYAH SYAFI'IYAH KABUPATEN POHUWATO

ASTINA (911421022)
Skripsi
Pembimbing
Dr. Radia Hafid, S. Pd., M.Si (0025047103)
Abdulrahim Maruwae, SE, M.pd (0014078806)
Tanggal Upload
16-05-2025
Abstract

Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Inquiri Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI Di MA Salafiyah Syafi’iyah Desa Banuroja, Kecamatan Randangan, Kabupaten Penelitian ini di latarbelakangi dari pentingnya kemampuan berpikir siswa, Penelitian yang dilakukan merupakan kuasi eksperimen dengan desain Post test. Prosedur penelitian membagi kelompok menjadi dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi dan sampel penelitian adalah siswa kelas XI MA Salafiyah Syafi’iyah sebanyak 36 siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode pembelajaran Inquiri terhadap kemampuan peserta didik dalam berpikir kritis pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS di MA Salafiyah Syafi’iyah. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif. Berdasarkan perhitungan uji statistik diperoleh rata-rata hasil belajar pada kelas kontrol adalah 63,89 dan rata rata pada kelas eksperimen 88,29, maka dari kedua kelas tersebut, diketauhui bahwa pada kelas eksperimen terdapat perbedaan rata-rata yang signifikan. Hal tersebut menunjukkan ada perbedaan antara kemampuan berpikir kritis peserta didik yang menggunakan metode Inquiri learning lebih meningkat di bandingkan dengan peserta didik yang menggunakan metode konvensional. Berdasarkan output pair 1 diperoleh nilai Sig. (1-tailed) sebesar 6,664 > 0,005, Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa setelah menggunakan metode pembelajaran Inquiri pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS di MA Salafiyah Syafiiyah. Kata Kunci : Metode Inquiri, Hasil Belajar, Berpikir Kritis