SRI MUTIA MAHFUL, 421419031. Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Model Group Investigation Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Materi Fluida Statis Di SMA Negeri 6 Gorontalo Utara. Program Studi S1 Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Dr. Abdul Haris Odja, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing 2 Dr. Trisnawaty Junus Buhungo, S.Pd, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran menggunakan model Group Investigation terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi fluida statis di SMA Negeri 6 Gorontalo Utara. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, dengan desain penelitian yang digunakan adalah one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI IPA di SMA Negeri 6 Gorontalo Utara tahun ajaran 2023/2024 berjumlah 3 kelas. Sampel dalam penelitian ini seluruh jumlah populasi, yaitu kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen, dan kelas XI IPA 2, kelas XI IPA 1, sebagai kelas replikasi, yang ditentukan secara acak dengan cara pengundian. Teknik pengumpulan data adalah teknik tes dan tes yang digunakan terisi 10 item pilihan ganda. Data yang diperoleh dari tes, dianalisis menggunakan statistik uji, yaitu uji normalitas liliefors, uji hipotesis dan uji N-gain. Hasil uji hipotesis dari seluruh kelas sampel menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar kognitif adalah 81,15 untuk kelas eksperimen, 79,62 untuk kelas replikasi 1, dan 81,11 untuk kelas replikasi 2, yang signifikan lebih besar dari KKM sebesar 70. Berdasarkan hasil analisis n-gain, the course average normalized gain dari kelas eksperimen, replikasi 1 dan replikasi 2, masing-masing, adalah 0,73, 0,70, dan 0,71, yang masuk kategori tinggi. Dengan demikian, penggunaan model Group Investigation berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa SMA pada topik fluida statis. Kata kunci: Group Investigation, Hasil Belajar, Fluida Statis