ANALISIS PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XL IPS PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 1 KABILA KAB. BONE BOLANGO PROV. GORONTALO

RISDAYANTI MOKOBELA (911419111)
Skripsi
Pembimbing
Dr. Meyko Panigoro, S.Pd, M.Pd (0024057903)
Dr. Radia Hafid, S.Pd.,M.Si (0025047103)
Tanggal Upload
21-01-2025
Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalis pengaruh kebiasaan belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa kelas Xl IPS di SMA Negeri 1 Kabila. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui angket dan dokumentasi. Sampel penelitian ini berjumlah 33 siswa yang dipilih secara acak. Berdasarkan hasil penelitian pada variabel kebiasaan belajar siswa berpengaruh signifikan positif terhadap prestasi belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kabila. Maka artinya ada hubungan searah antara kedua variabel tersebut. Dengan kata lain, jika variabel meningkat (kebiasaan belajar siswa semakin baik), maka variabel (prestasi belajar siswa) juga cenderung meningkat. Pengaruh positifnya yaitu Kebiasaan belajar siswa yang baik, seperti disiplin dalam mengatur waktu belajar, konsisten dalam mengulang materi, aktif mencatat poin penting selama pelajaran, dan memanfaatkan strategi belajar yang tepat, membantu siswa memahami materi pelajaran secara lebih mendalam. Hal ini memperkuat daya ingat dan keterampilan berpikir kritis siswa, yang pada akhirnya meningkatkan hasil ujian atau nilai akademik mereka. Penelitian ini memberikan kontribusi pada pengembangan strategi pembelajaran yang efektif dan dapat membantu guru dan siswa dalam meningkatkan prestasi belajar. Selain itu, penelitian ini juga dapat menjadi acuan bagi peneliti selanjutnya tentang faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa. Kata Kunci: Kebiasaan belajar, Prestasi belajar