Fitri Lamusu. 2023. Penggunaan Media video Berbasis Capcut Dalam Pembelajaran Mengidentifikasi Unsur-Unsur Teks Berita Pada Siswa Kelas VIII Mts Negeri 1 Kabupaten Gorontalo Tahun Pelajaran 2022/2023. Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra dan Budaya, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Salam, S.Pd., M.Pd., Pembimbing II Dr. Herson Kadir, S.Pd., M.Pd. Penelitian ini dimaksudkan untuk (1) mendeskripsikan Penggunaan Media video Berbasis Capcut Dalam Pembelajaran Mengidentifikasi Unsur-Unsur Teks Berita pada siswa kelas VIII Mts Negeri 1 Kabupaten Gorontalo (2) mendeskripsikan hasil belajar siswa dalam Pembelajaran Mengidentifikasi Unsur-Unsur Teks Berita pada siswa kelas VIII Mts Negeri 1 Kabupaten Gorontalo (3) mendeskripsikan faktor yang penghambat Penggunaan Media video Berbasis Capcut Dalam Pembelajaran Mengidentifikasi Unsur-Unsur Teks Berita Pada Siswa Kelas VIII Mts Negeri 1 Kabupaten Gorontalo. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dan jenis penelitian kualitatif. data dalam penelitian ini adalah Media video Berbasis Capcut yang digunakan oleh penelit dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas VIII Mts Negeri 1 Kabupaten Gorontalo. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, evaluasi hasil belajar, angket, dan dokumentasi yang dianalisis dengan cara menganalisis hasil belajjar an menyimpulkaan hasil penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, penggunaan Media video Berbasis Capcut dalam pembelajaran mengidentifikasi unsur-unsur teks berita meliputi pembuatan Media video Berbasis Capcut, penggunaan Media video Berbasis Capcut dalam pembelajaran dan efektivitas Media video Berbasis Capcut dalam pembelajaran. pada pelaksanaan pembelajaran yang telah dilakukan sudah sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), yang meliputi kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Hasil belajar mengidentifikasi unsure-unsur teks berita terdiri dari dua aspek penilaian yaitu, mengidentifikasi unsur-unsur teks berita dan membedakan dua teks berita berdasarkan unsur-unsur teks berita yang telah dipaparkan melalui Media video Berbasis Capcut.berdasarkan hasil mengidentifikasi teks berita dikatakan sudah memennuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM) 70. Factor penghambat penggunaan Media video Berbasis Capcut dalam Pembelajaran Mengidentifikasi Unsur-Unsur Teks Berita yakni dari segi fasilitas, segi lingkungan dan siswa, serta dari segi Media video Berbasis Capcut yaitu volume. Dengan demikian dapat disimpulkan bahawa penggunaan media video capcut dalam Pembelajaran Mengidentifikasi Unsur-Unsur Teks Berita Pada Siswa Kelas VIII Mts Negeri 1 Kabupaten Gorontalo sudah maksimal sehingga hasil belajar siswa mencapai nilai diatas rata-rata yaitu 88,04. Kata Kunci: Media, Video, Berbasis Capcut, Teks Berita, Hasil Belajar Siswa.