INTAN S. DAI. 2023. Pengembangan LKPD Berbasis Metakognitif untuk Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah pada Materi Sistem Pertahanan Tubuh Manusia (Kelas XI Semester Genap/2). Program Studi S1- Pendidikan Biologi, Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Dosen Pembimbing (1) Dr. Frida Maryati Yusuf, M.Pd (2) Dr. Djuna Lamondo, M.Si Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan dan kepraktisan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis metakognitif pada materi sistem pertahanan tubuh manusia. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengacu pada model ADDIE. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu instrumen wawancara, instrumen validasi, lembar observasi yang terdiri dari instrumen lembar pengamatan pengelolaan kelas, pengamatan aktivitas peserta didik, angket respon peserta didik, dan instrumen tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa kevalidan LKPD berbasis metakognitif yang dikembangkan memperoleh persentase rata-rata dari ketiga validator adalah 83?ngan kriteria sangat valid. Kepraktisan LKPD dapat dilihat pada hasil analisis pengamatan aktivitas peserta didik pertemuan I dengan persentase rata-rata 87?n pertemuan II rata-rata 79?ngan kriteria sangat baik, didukung oleh pengamatan pengelolaan kelas pertemuan I dengan persentase rata-rata 90?n pertemuan II rata-rata 96?ngan kriteria sangat baik, respon peserta didik dengan persentase rata-rata 96?ngan kriteria sangat baik. Adapun peningkatan kemampuan memecahkan masalah peserta didik dapat dilihat dari hasil pretest (27,44) dan posttest (78,48) dengan skor N-gain 0,70 dengan kriteria tinggi. Dengan demikian, LKPD berbasis metakognitif telah memenuhi kelayakan dan dapat digunakan pada proses pembelajaran di kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Tapa berdasarkan aspek kevalidan dan aspek kepraktisan. Kata Kunci: LKPD Berbasis Metakognitif, Sistem Pertahanan Tubuh Manusia, Kemampuan Memecahkan Masalah.