ANALISIS TINGKAT PENERIMAAN APLIKASI RAPOR DIGITAL MADRASAH MENGGUNAKAN MODEL TAM PADA MTS DI KABUPATEN BONE BOLANGO

SITI MUTMAINAH MOODUTO (531418043)
Skripsi
Pembimbing
Drs. Muh Rifai Katili, M.Kom., Ph.D. (0026056602)
Lillyan Hadjaratie, S.Kom, M.Si (0017048001)
Tanggal Upload
10-10-2025
Abstract

Teknologi informasi berperan strategis dalam mendukung proses belajar mengajar, mempermudah pengolahan data akademik, serta meningkatkan transparansi dalam penilaian hasil belajar. Salah satu bentuk penerapan teknologi dalam pendidikan adalah penggunaan Aplikasi Rapor Digital (ARD) di madrasah sebagai alat bantu dalam penginputan dan pengolahan nilai siswa secara lebih efisien. MTs Al-Ikhlas Bilungala dan MTs Negeri 1 Bone Bolango di Gorontalo merupakan dua madrasah yang telah mengadopsi Aplikasi Rapor Digital Madrasah sebagai bagian dari program Madrasah Digital yang dirancang oleh Kementerian Agama. Namun, masih terdapat berbagai kendala yang dihadapi oleh para pengguna aplikasi, seperti sering terjadinya kesalahan dalam penginputan nilai terutama ketika banyak pengguna mengakses aplikasi secara bersamaan. Kondisi ini menyebabkan ketidaknyamanan bagi para guru dan operator dalam menyelesaikan tugas mereka, serta meningkatkan risiko penginputan data secara berulang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat penerimaan pengguna terhadap Aplikasi Rapor Digital Madrasah menggunakan metode Technology Acceptance Model (TAM) dengan 5 variabel yaitu persepsi kemudahan, persepsi kemanfaatan, sikap terhadap penggunaan, niat perilaku, dan kondisi nyata. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai rata-rata Total Cumulative Response (TCR) sebagai berikut: Kemudahan Penggunaan (87,1%), Kemanfaatan (87%), Sikap Penggunaan (87,8%), Niat Perilaku (86,9%), dan Penggunaan Aktual (87,7%). Adapun rata-rata keseluruhan dari seluruh variabel mencapai 87,3%, yang menunjukkan bahwa tingkat penerimaan pengguna terhadap Aplikasi Rapor Digital Madrasah berada dalam kategori sangat baik. Keywords : Aplikasi Rapor Digital, Technology Acceptance Model, Penerimaan Teknologi