PENGARUH PENERAPAN GOOGLE EARTH SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI SMA NEGERI 4 GORONTALO

NINDIAWATI DAUD (451418074)
Skripsi
Pembimbing
Dr. Fitryane Lihawa, M.Si (0009126902)
Dr. Eng. Sri Maryati, S.Si (0026038203)
Tanggal Upload
18-08-2023
Abstract

NINDIAWATI DAUD. 2018. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang dilakukan di SMA Negeri 4 Gorontalo, Kecamatan Kota Utara, Kota Gorontalo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan google earth sebagai media pembelajaran terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi di SMA Negeri 4 Gorontalo. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini quasi experimental design dan menggunakan model nonequivalent control group design. Variabel penelitian yang digunakan ialah variabel bebas berupa media google earth dan media story maps, serta variabel terikat dalam penelitian ini ialah hasil belajar kognitif siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi, dan tes. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu soal pretest, posttest, RPP, LKPD, dan google earth. Teknik analisis data yang digunakan berupa analisis statistik deskriptif, uji normalitas, uji kesamaan dua varians (homogenitas), uji perbedaan dua rata-rata, dan analisis data indek gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis reliabilitas tes menunjukkan bahwa sangat reliabel dengan koefisien sebesar 0,892. Sementara itu, media google earth dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XII IPS 3 pada materi penginderaan jauh untuk tata guna lahan dalam pengembangan potensi wilayah. Hal ini ditunjukkan dari hasil analisis gain pada kelas eksperimen meningkat dengan skor yang lebih tinggi yaitu 0,73 dengan kategori sedang dan persentase sebesar 73,10?ngan pengaruh sebesar 0,057 ataun5,7%. Kesimpulan dari penelitian ini ialah penerapan media pembelajaran google earth berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas XII IPS 3. Kata Kunci : Quasi Experimental Design, Hasil Belajar, Google Earth