Juliatin P. Hali,. 2023. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Team Basid Learning Berbantuan PhET Untuk melihat hasil belajar Peserta didik. Peserta didik Kelas VIII Di SMP Negeri 2 Pulubala Pada Materi Getaran dan Gelombang. Tesis, Program Studi Pendidikan Fisika Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Dr. Tirtawaty Abdul, S.Pd, M.Pd, dan Pembimbing 2 Dr. Ritin Uloli, S.Pd, M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran menggunakan model Team-Based Learning berbantuan Phet Simulation yang layak, valid dan efektif untuk digunakan pada pembelajaran IPA kelas VIII materi Getaran dan Gelombang. Penelitian ini termasuk jenis penelitian dan pengembangan (R & D) menggunakan model 4-D oleh Thiagarajan, Semel dan Semel. Kelayakan perangkat yang dikembangakan diperolah melalui validasi oleh validator ahli melalui Forum Group Discussion (FGD), efektivitas perangkat pembelajaran diperoleh dari hasil belajar peserta didik dan lembar observasi aktivitas peserta didik, dan kepraktisan perangkat pembelajaran diperoleh melalui lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Berdasarkan hasil validasi perangkat oleh validator diperoleh kesimpulan bahwa perangkat yang dikembangkan layak dan valid untuk digunakan dengan sedikit revisi. Sementara itu berdasarkan hasil uji coba lapangan diperoleh hasil bahwa perangkat yang dikembangkan efektif dan layak untuk digunakan dengan kategori sangat baik. Kata Kunci: Pengembangan, 4-D, Team-Based Learning, Phet Simulation, Hasil Belajar