PENERAPAN METODE PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN CARA BERPIKIR KRONOLOGIS SISWA DI SMA NEGERI 1 KABILA

ZUHRIYATI KIAYI (231421016)
Skripsi
Pembimbing
Sutrisno Mohamad S.Pd., M.Pd (0021017405)
Naufal Raffi Arrazaq, S.Pd., S.Ark., M.Pd., M.A (0013039701)
Tanggal Upload
19-08-2025
Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat berpikir kronologis siswa di SMA Negeri 1 Kabila. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan selama 2 siklus 4 kali pertemuan. Adapun subjek penelitian tindakan kelas ini adalah kelas X-5 SMA Negeri 1 Kabila. Jumlah yang menjadi subjek dalam penelitian tindakan kelas sebanyak 32 orang. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan juga dokumentasi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa:penerapan metode picture and picture untuk meningkatkan cara berpikir kronologis siswa di kelas X-5 SMA Negeri 1 Kabila. Metode ini mampu meningkatkan cara berpikir kronologis siswa. Hal ini dibuktikan melalui peningkatan nilai siswa pada 5 indikator berpikir kronologi yaitu: membaca informasi dari media gambar, mengidentifikasi urutan waktu masa lalu atas setiap kejadian, menjelaskan konsep kesinambungan, menghubungkan sebab akibat dalam peristiwa sejarah dan kemampuan merekontruksi peristiwa sejarah. Pada pertemuan I sampai dengan pertemuan 4 di kelas X-5 SMA Negeri 1 Kabila menunjukan peningkatan yaitu rata-rata siswa yang mendapat pencapaian dari kategori cukup ke kategori baik, dapat dilihat dari hasil persentase capaian dari 57,6% meningkat menjadi 87,2%. Selain itu juga pada pengamatan performanceyaitu: penguasaan materi, kerja sama kelompok, toleransi, menarik perhatian audiace dan penggunaan tata bahasa. Hal ini juga menunjukan peningkataan dari yang awalnya 32,8% meningkat menjadi 51,2%. Kata Kunci: Metode Picture And Picture, Berpikir Kronologis, Pembelajaran Sejarah, SMA Negeri 1 Kabila