PENGARUH METODE DEMONSTRASI CHOKING MANAGEMENT TERHADAP PENGETAHUAN GURU DI TK SE KECAMATAN TELAGA KABUPATEN GORONTALO

RAHMA DWI ASTUTI YUSUF (841419074)
Skripsi
Pembimbing
Dr. Ansar Katili, M.Kes (0006015609)
Ns. Ibrahim Suleman, S.Kep, M.Kep (0006015609)
Tanggal Upload
05-06-2023
Abstract

Rahma Dwi Astuti Yusuf, 2023. Pengaruh Metode Demonstrasi Choking Management Terhadap Pengetahuan Guru Di TK Se Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Program Studi Ilmu Keperawatan, Fakultas Olahraga Dan Kesehatan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Ansar Katili, Drs. M.Kes dan Pembimbing II Ns. Ibrahim Suleman, M.Kep Tersedak merupakan masalah kegawatdaruratan yang memerlukan penanganan cepat dan tepat. Pada anak usia dini diantara cedera yang tidak disengaja, tersedak merupakan salah satu penyebab utama kematian. Kasus tersedak dapat diatasi atau dikurangi melalui peningkatan efektif program pendidikan keterampilan penanganan tersedak. Guru TK yang sebagai tenaga pendidik anak usia dini berperan dalam menjaga kesehatan dan keselamatan anak saat disekolah. Untuk itu diperlukannya guru TK yang memahami terkait pencegahan dan penanganan tersedak pada anak usia dini. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Menggunakan metode penelitian quasi eksperiment dengan jenis desain control group pre test post test. Populasi sebanyak 42 responden dan sampel 40 responden yang terdiri dari 20 responden kelompok intervensi metode demonstrasi dan kelompok kontrol leaflet yang didapatkan melalui teknik pengambilan sampel purposive sampling. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner. Hasil penelitian didapatkan terdapat pengaruh metode demonstrasi choking management terhadap pengetahuan guru di TK se- Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo dengan menggunakan uji wilcoxon dan diperoleh p-value 0.000. Kata Kunci : Metode demonstrasi, choking management, pengetahuan Daftar Pustaka : 32 (2013-2022)