Yulinda Djako. 2023. Kinerja Guru Sejarah di SMA 1 Kabila Kec. Kabila, Kab. Bone Bolango .Skripsi Jurusan S1 Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo. Di bawah bimbingan Ibu Dra. Hj. Resmiyati Yunus, M.Pd., selaku pembimbing I, dan Bapak Tonny Iskandar Mondong S.S, M.A selaku pembimbing II. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui; Kinerja Guru Sejarah di SMA Negeri 1 Kabila. Adapun metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif. Dimana sumber data yang digunakan berasal dari wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: Kinerja guru merupakan kemampuan yang yang ditunjukan oleh guru dalam melaksanakan tugas atau pekerjaannya. Kinerja dikatakan baik dan memuaskan apabila tujuan yang dicapai sesuai dengan standar yang telah ditetapkan. Kinerja guru sebagai bahan acuan untuk melihat apakah guru sudah menjalankan tugasnya dengan baik, begitupula dengan kinerja guru sejarah di SMA Negeri 1 Kabila. Kinerja guru sejarah di SMA 1 Kabila ini sudah cukup baik termasuk guru sejarah. Pertama, perencanaan. Guru di SMA Negeri 1 Kabila mempersiapkan perangkat pembelajaran yang merupakan kunci utama dari seorang guru dalam mengajar yakni berupa RPP (Rencana Proses Pembelajaran), Silabus, Program Semester dan Program Tahunan. Kedua, Pelaksanaan. Pada proses pelaksanaan didalam kelas, terutama perihal pengelolaan kelas, penggunaan media, sumber dan metode belajar. Ketiga, Evaluasi. Proses evaluasi yang dilakukan oleh guru berupa tes tulis dan lisan. Hal ini dilakukan disetiap akhir materi pada kompetensi dasar. Selain itu, pada evaluasi terhadap guru dalam menilai kinerja guru sejarah evaluasi juga dilakukan disetiap akhir semester. Kata Kunci : Kinerja Guru Sejarah, SMA Negeri 1 Kabila