PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKN DI KELAS X SMA NEGERI 2 GORONTALO

RAPIKA I. NOVA (221421071)
Skripsi
Pembimbing
Prof. Dr. Zulaecha Ngiu, M.Pd (0009056707)
Asmun W. Wantu, S.Pd.,M.Sc (0012077803)
Tanggal Upload
01-07-2025
Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode Role Playing dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran PPKn di kelas X.5 SMA Negeri 2 Gorontalo. Rendahnya aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran PPKn, disebabkan oleh penggunaan metode ceramah yang monoton dan minimnya variasi media, menjadi latar belakang penelitian ini. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian berjumlah 33 siswa. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan aktivitas belajar dari 54% pada siklus I menjadi 82% pada siklus II, serta peningkatan hasil evaluasi dari 51% menjadi 85%. Temuan ini menunjukkan bahwa metode Role Playing efektif dalam meningkatkan aktivitas belajar, keterampilan berpikir kritis, dan kepercayaan diri siswa dalam pembelajaran PPKn. Kata Kunci : Role Playing, Aktivitas Belajar, PPkn