MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA MENGGUNAKAN MEDIA DIGITAL KOMIK DI KELAS IV SD AL-HUDA KOTA SELATAN

FADILA DJIBRAN (151419181)
Skripsi
Pembimbing
Dra. Evi Hasim, M.Pd (0028016006)
Dra. Dajani Suleman, M.Hum (0007105810)
Tanggal Upload
22-08-2023
Abstract

Fadila Djibran. 2023. Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Menggunakan Media Digital Komik Pembelajaran Bahasa Indoneisa Pada Siswa Kelas IV SD Al-Huda Kota Selatan. Skripsi. Jurusan Pendidikan Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I Dra. Evi Hasim, M.Pd, dan Pembimbing II Dra. Dajani Suleman, M.Hum. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu “Apakah Melalui penggunaan media Digital Komik kemampuan membaca siswa kelas IV Ppada pelajaran Bahasa Indonesia akan meningkat?”. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil penelitian yang telah dilaksanakan yakni hasil kemampuan membaca siswa kelas IV dengan menggunakan media digital komik mengalami peningkatan. Kemampuan membaca berdasarkan hasil tes dengan melihat persentase setiap aspek. Pada aspek 1 persentase mampu memperoleh 100%, persentse kurang mampu 0?n persentase tidak mampu 0%, pada aspek 2 persentase mampu 100%, kurang mampu 0% persentase tidak mampu 0 %, pada aspek 3 mampu memperoleh 90%, Kurang mampu 10 ?n tidak mampu 0% kemudia pada aspek 4 persentase mampu memeperoleh 90%, persentase kurang mampu 10?n tidak mampu 0%. Dari data tersebut bahwa peningkatan kemampuan membaca siswa dari siklus I dan II terjadi dengan melihat indikator pencapaian 80%. Kata Kunci: Kemampuan Membaca, Bahasa Indonesia, Media Pembelajaran, Digital komik