PENGARUH PENERAPAN MEDIA AUGMENTED REALITY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PROSEDUR PENGOPERASIAN KAMERA DI SMK NEGERI 1 LIMBOTO

RIFKI DESDINIMAN ABJUL (532416032)
Skripsi
Pembimbing
Drs. Muhammad Rifai Katili, M.Kom., Ph.D. (0026056602)
Rampi Yusuf, S.Kom, MT (0023108103)
Tanggal Upload
20-08-2023
Abstract

Rifki Desdiniman Abjul. "Pengaruh Penerapan Media Augmented Reality Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Prosedur Pengoperasian Kamera di SMK Negeri 1 Limboto". (Dibimbing oleh Drs. Muhammad Rifai Katili, M.Kom., Ph.D dan Rampi Yusuf, S.Kom., MT). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan media augmented reality terhadap hasil belajar siswa pada materi prosedur pengoperasian kamera di SMK Negeri 1 Limboto. Metode yang digunakan adalah metode experimen dengan desain One Group Pretest-Postest. Data yang digunakan pada penelitian ini bersumber dari hasil belajar siswa sebelum dan setelah diterapkannya media augmented reality dalam proses pembelajaran yang diperoleh melalui instrumen tes berupa soal pilihan ganda. Setelah dilakukan analisis data, diperoleh rata-rata skor pretest adalah 5.57 sedangkan untuk rata-rata skor postest adalah 7.22. Pada pengujian hipotesis menggunakan paired sample t- test memperoleh nilai Sig (2-tailed) 0.000 atau kurang dari 0,05 yang menyebabkan Ho ditolak dan Ha diterima. Pada uji efektivitas menggunakan skor N-Gain, diperoleh skor rata-rata sebesar 0,46. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa media augmented reality mempunyai pengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi prosedur pengoperasian kamera di SMK Negeri 1 Limboto yang terlihat dari adanya perbedaan signifikan antara rata-rata hasil pretest dan posttest siswa, serta rata-rata skor N-Gain pada pengujian efektivitas yang berada pada kategori sedang. Kata Kunci : Augmented Reality, Eksperimen, Hasil Belajar Siswa, Media Pembelajaran, One Group Pretest-Postest.