STRATEGI GURU PPKN SEBAGAI EVALUATOR DALAM PENEGAKAN DISIPLIN BELAJAR DI SMA NEGERI 5 GORONTALO

SITI NURAIN BANGULU (221419060)
Skripsi
Pembimbing
Dr. H. Sukarman Kamuli, M.Si (0006066707)
Asmun W Wantu, S.Pd, M.Sc (0012077803)
Tanggal Upload
23-08-2023
Abstract

Siti Nurain Bangulu, 221419060, 2023. “ Strategi Guru PPKn Sebagai Evaluator Dalam Penegakan Disiplin Belajar di SMA Negeri 5 Gorontalo. Skripsi Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Ilmu Hukum dan Kemasyarakatan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Sukarman Kamuli, M.Si. Pembimbing II Asmun W Wantu, S.Pd, M.Sc. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Strategi Guru PPKn Sebagai evaluator dalam penegakan disiplin belajar di SMA Negeri 5 Gorontalo 2) Faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat guru PPKn dalam menjalankan perannya sebagai evaluator dalam penegakan disiplin belajar di SMA Negeri 5 Gorontalo. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian akan dianalisis dengan Langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa, Strategi Guru PPKn Sebagai evaluator dalam penegakan disiplin belajar di SMA Negeri 5 Gorontalo dengan menggunakan strategi menjelaskan aturan, menilai perilaku siswa, memberi dampak positif, dan berkomunikasi dengan orang tua. 2) Faktor pendukung dan penghambat guru PPKn dalam menjalankan perannya sebagai evaluator dalam penegakan disiplin belajar di SMA Negeri 5 Gorontalo adalah faktor pendukung adanya dukungan dari kepala sekolah, guru PPKn yang berasal dari lingkungan yang sama dengan peserta didik, dan Upaya dari guru PPKn yang terus mengingatkan kepada peserta didik sedangkan faktor penghambat yaitu ketidaksadaran siswa dalam disiplin, kurangnya perhatian dari orang tua, dan faktor lingkungan. Maka dapat disimpulkan bahwa Strategi guru PPKn sebagai evaluator dalam penegakan disiplin belajar di SMA Negeri 5 Gorontalo sudah sangat menentukan keberhasilan siswa dalam proses pembelajaran namun dalam proses penegakannya masih ada beberapa siswa yang kurang disiplin dan tidak menaati aturan yang ada di sekolah. Kata Kunci: Strategi Guru PPKn, Evaluator, Penengakan Disiplin Belajar