KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN DI KANTOR DESA WONGGARASI TENGAH

SUSANTO SABALI (941419066)
Skripsi
Pembimbing
Dr. Fenti Prihatini Dance TuI, S.Pd, M.Si (0008027806)
Dr. Yacob Noho Nani, S.Pd, M.Si (0021117506)
Tanggal Upload
09-10-2025
Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Kualitas Pelayanan Publik Dalam Meningkatkan Pelayanan Di Kantor Desa Wonggarasi Tengah dari empat dimensi yaitu (a) tangibles (bukti fisik), (b) reliability (keandalan), (c) responsiveness (d) assurance (jaminan). Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif sedangkan tekhnik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian ini adalah pada aspek bukti fisik kantor desa wonggarasi tengah belum memenuhi fasilitas pelayanan yang memadai, dalam aspek kehandalan, masyarakat merasa puas dengan pelayanan yang diberikan, pada aspek daya tanggap, pegawai bersedia membantu kesulitan yang dialami pengunjung, dari aspek jaminan khususnya tanggung jawab masing belum maksimal dikarenakan minimnya fasilitas yang ada yang diberikan pihak kantor desa wonggarasi tengah, yaitu dengan memberikan kesan yang menyenagkan. Penulis menyarankan agar pemerintah kantor desa wonggarasi tengah lebih meningkatkan kualitas pelayanan public yang dianggap kurang memuaskan dalam proses pelayanan yaitu dimensi fasilitas fisik agar masyarakat dapat merasa puas dan nyaman saat menerima layanan. Kata Kunci: Kualitas Pelayanan Publik, Dikantor Desa