Nurayin Anis, 2024. Analisis Komponen Penyusun Modul Ajar IPAUntuk Mengukur HOTS Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 1 Botupingge. Program Studi Pendidikan Biologi. Jurusan Biologi. Fakultas Matmatika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Dibimbing oleh Dr. Frida Maryati Yusuf, M.Pd sebagai pembimbing 1 dan Dr. Jusna Ahmad, M.Si sebagai pembimbing 2. Modul merupakan salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan untuk menunjang dalam kegaiatan belajar mengajar. Keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTS) merupakan suatu keterampilan berpikir yang tidak hanya membutuhkan kemampuan mengingat, tetapi membutuhkan keterampilan atau kemampuan lainnya yang lebih tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis komponen penyusun modul ajar IPA untuk mengukur HOTS siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Botupingge. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Instrumen yang digunakan terdiri dari instrumen analisis modul ajar. Hasil analisis komponen pnyusun modul ajar IPA yang nilai paling tinggi yaitu pada modul V dengan nilai persentase sebesar 64%, disusul oleh modul VI dengan perolehan nilai persentase sebesar 62?n modul II dengan nilai persentase sebesar 62,67%. Perolehan nilai terkecil pada modul I nilai persentase sebesar 50%, kemudian modul IV dengan nilai persentase sebesar 49% serta modul III dengan nilai persentase sebesar 60,34%. Kata Kunci: Analisis, Modul Ajar IPA, HOTS