MENINGKATKAN LITERASI DASAR PESERTA DIDIK MELALUI PENGEMBANGAN MEDIA DAILY TEXT ACTIVITIES BERBASIS DIGITAL PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DI SDN KECAMATAN SUMALATA TIMUR

SRI SILVANA KAHARU (716524008)
Tesis
Pembimbing
Prof. Dr. Sastro M Wantu, SH., M.Si (0003096605)
Dr. Candra C, S.Pd., M.Pd (0902108601)
Tanggal Upload
03-10-2025
Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis, merancang, dan mengembangkan media daily text activities berbasis digital guna meningkatkan literasi dasar serta literasi budaya dan kewargaan di SDN Kecamatan Sumalata Timur, serta mendeskripsikan respon guru dan siswa terhadap penggunaannya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah R&D (Research and Develompent) dengan model ASSURE (menganalisis peserta didik, merumuskan tujuan, memilih metode dan media, menggunakan media secara tepat, melibatkan siswa secara aktif, serta melakukan evaluasi dan revisi) untuk mengembangkan media Daily Text Activities yang meningkatkan literasi dasar dan nilai karakter pada Sekolah Dasar di Kecamatan Sumalata Timur. Adapun simpulan yang menjadi hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru dan siswa di SDN Kecamatan Sumalata Timur memerlukan media pembelajaran digital yang kontekstual dan mendukung literasi dasar serta nilai-nilai kewargaan. Media Daily Text Activities dikembangkan menggunakan model ASSURE, memperhatikan karakteristik peserta didik dan tujuan pembelajaran. Media ini mengintegrasikan teks harian yang kontekstual, interaktif, serta kegiatan membaca dan menulis yang menanamkan nilai-nilai Pancasila. Validasi ahli menunjukkan media sangat layak dengan skor rata-rata 90. Implementasinya mendapat respon positif dari guru dan siswa, serta terbukti efektif meningkatkan literasi baca tulis, budaya, dan kewargaan Kata Kunci: Literasi Dasar, Media Digital Daily Teks Activities, Pendidikan Pancasila