Apriani. 2024. Pengaruh Pengelolaan Kearsipan Terhadap Efisiensi Kerja Pegawai Pada dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Gorontalo. Jurusan S1-Administrasi Publik. Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I : Prof. Dr. Asna Aneta, M.Si, Pembimbing II : Dr. Rusli isa, M.Si. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis seberapa besar pengaruh pengelolaan kearsipan terhadap efisiensi kerja pegawai pada Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Gorontalo. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan analisis regresi sederhana. Populasi dalam penelitian ini adalah Pegawai di Dinas Kearsipan dan Perpustkaan Provinsi Gorontalo sebanyak 34 orang. Sampel adalah keseluruhan jumlah populaasi dengan menggunakan metode sampel jenuh. Berdasarkan hasil penelitian uji hipotesis/uji t (parsial) yang membuktikan bahwa nilai t hitung lebih besar dari nilai tabel (2,738 > 1,693). dan nilai signifikansi nya (0,001) lebih kecil dari nilai probalitas alpha (0,05). Dari penjelasan tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis penelitian ini diterima atau H0 ditolak dan Ha diterima, atau menjelaskan bahwa secara parsial atau individual variabel Pengelolaan Arsip memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Efisiensi Kerja Pegawai pada Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Gorontalo. Besarnya pengaruh pengelolaan kearsipan terhadap efisiensi kerja pegawai pada Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Gorontalo adalah sebesar 30,4% sedangkan sisanya 69,6% di pengaruhi oleh faktor-faktor berupa keinginan bekerja, kemampuan bekerja, dan kemahiran bekerja dalam melaksanakan pekerjaan. Kata kunci: Pengelolaan arsip, Efisiensi Kerja.