PENGARUH MINAT DALAM MEMILIH PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X DI SMK NEGERI 1 BATUDAA KABUPATEN GORONTALO

SARMIRA M. ABAS (911419083)
Skripsi
Pembimbing
Dr. H. Usman Moonti, M.Si (195911201986021001)
Ivan Rahmat Santoso SEI, M,Si (198309022009121006)
Tanggal Upload
20-05-2023
Abstract

ABSTRAK SARMIRA M. ABAS, 2023. “PENGARUH MINAT DALAM MEMILIH PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X DI SMK NEGERI 1 BATUDAA KABUPATEN GORONTALO”. Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo dengan Pembibing I Bapak Dr. H Usman Moonti M.Si dan Pembibimbing II Bapak Ivan Rahmat Santoso SEI, M.Si Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh minat dalam memilih program keahlian akuntansi terhadap prestasi belajar pada kelas X di SMK Negeri 1 Batudaa Kabupaten Gorontalo. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampel populasi. Seluruh jumlah populasi digunakan sebagai sampel, sehingga sampel yang diambil dalam penelitian ini berjumlah 41 siswa. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu minat siswa dalam memilih program keahlian dan variabel terikat yaitu prstasi belajar. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian yaitu dari hasil observasi, kuesioner dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian kuantitatif korelasional yang dianalisis dengan menggunakan analisis regresi linier sederhana dengan bantuan program SPSS 21.0 Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif dimana minat dalam memilih program keahlian meningkat maka prestasi belajar siswa meningkat. Dengan nilai koefisien korelasi dari model regresi yang telah diperoleh sebelumnya sebesar 0,697. Nilai ini berarti bahwa sebesar 67,9% variabilitas mengenai Prestasi Belajar Siswa Kelas X Di SMK Negeri 1 Batudaa dapat diterangkan oleh Minat Dalam Memilih Program Keahlian, sedangkan sisanya sebesar 30,3 % dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata Kunci : Minat Memilih Program, Prestasi Belajar