Hasran, NIM 221419034. Peran Guru PPKn dalam Menanggulangi Masalah Kenakalan Remaja di SMP Negeri 2 Gorontalo. Skripsi Jurusan Ilmu Hukum dan Kemasyarakatan Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Universitas Negeri Gorontalo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) peran guru PPKn dalam menanggulangi masalah kenakalan remaja di SMP Negeri 2 Gorontalo, (2) faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya masalah kenakalan remaja di SMP Negeri 2 Gorontalo, (3) hambatan yang dialami oleh Guru PPKn dalam menanggulangi Masalah Kenakalan remaja di SMP Negeri 2 Gorontalo. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Dengan mengambil informan sebanyak 2 orang Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 1 orang Guru Bimbingan Konseling dan 6 peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) peran guru PPKn dalam menanggulangi masalah kenakalan remaja di sekolah yaitu : a) sebagai pembimbing dengan melakukan pembinaan kepada siswa melalui kegiatan-kegiatan kreatif di berbagai bidang (ilmu, seni, budaya, dan olahraga) misalnya melalui kegiatan ekstrakurikuler seperti Pramuka termasuk Latihan Dasar Kepemimpinan, dan juga melalui Projek Pancasila, b) sebagai pengatur lingkungan ini dapat di buktikan dengan peran guru melalui pembinaan Patroli Keamanan Sekolah, pembinaan Kerohanian seperti pembiasaan sholat Dzuhur berjamaah dan pembiasaan sholat Dhuha setiap hari jumâ?™at juga di buktikan dengan pengadaan lomba menata tanaman setiap kelas pada kegiatan Meeting Class, dan c) sebagai konselor di buktikan dengan ketika siswa yang memiliki masalah salah satu contohnya siswa yang sering membolos otomatis siswa yang bolos ini akan ketinggalan materi pelajaran, dan upaya yang di lakukan guru agar siswa tersebut tidak memiliki nilai yang eror maka guru memberikan arahan kepada siswa tersebut untuk menyalin seluruh materi pelajaran yang tidak dia ikuti dan memberikan tugas tambahan. Bukti lain dari peran guru sebagai konselor telah di jalankan adalah ketika siswa yang sudah lama tidak memiliki keterangan/sering alpa maka guru akan melakukan kunjungan secara langsung ke rumah siswa yang memiliki masalah tersebut. 2) faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya masalah kenakalan remaja di sekolah yaitu : kurangnya perhatian serta kasih sayang dari orang tua dan pengaruh dari lingkungan sekitar. 3) hambatan yang dialami oleh Guru PPKn dalam menanggulangi masalah kenakalan remaja di sekolah yaitu : kurangnya kesadaran peserta didik, kurangnya kerja sama guru dan orang tua, dan kurangnya guru bimbingan konseling yang memadai. Kata Kunci : Peran Guru PPKn, Kenakalan Remaja