PENGARUH PENGGUNAAN METODE RESITASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN DASAR-DASAR AKUNTANSI DAN KEUANGAN LEMBAGA KELAS X JURUSAN AKUNTANSI DAN KEUANGAN LEMBAGA DI SMK NEGERI 1 LIMBOTO KABUPATEN GORONTALO

DIYYAH ADILLA BURHANUDINSANA (911420003)
Skripsi
Pembimbing
Dr. Melizubaida Mahmud, S.Pd., M.Si (0017087805)
Agil Bahsoan, S.Ag, M.Ag (0022117603)
Tanggal Upload
13-06-2024
Abstract

Diyyah Adilla Burhanudinsana. NIM 911420003. 2024. Pengaruh Penggunaan Metode Resitasi Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Dasar-Dasar Akuntansi dan Keuangan Lembaga Kelas X Jurusan Akuntansi dan Keuangan Lembaga di SMK Negeri 1 Limboto Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Gorontalo. Dibawah bimbingan Ibu Dr. Melizubaida Mahmud, S.Pd., M.Si selaku Pembimbing I dan Bapak Agil Bahsoan, S.Ag., M.Ag selaku Pembimbing II. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui. Pengaruh Penggunaan Metode Resitasi Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Dasar-Dasar Akuntansi dan Keuangan Lembaga Kelas X Jurusan Akuntansi dan Keuangan Lembaga di SMK Negeri 1 Limboto Kabupaten Gorontalo. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian Expost Facto. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner kepada siswa kelas X Jurusan Akuntansi dan Keuangan pada mata pelajaran Dasar-Dasar Akuntansi dan Keuangan Lembaga di SMK Negeri 1 Limboto Kabupaten Gorontalo. Jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 44 responden. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linear sederhana dengan bantuan program SPSS 21. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode resitasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa, yang berarti semakin baik diterapkannya metode resitasi maka akan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Koefisien determinasi dalam penelitian ini sebesar 30,1% yang berarti variabilitas hasil belajar siswa dapat dijelaskan oleh penggunaan metode resitasi sebesar 30,1%. Adapun nilai sisa yang dihasilkan atau dipengaruhi oleh variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini sebesar 69,9%. Kata Kunci : Metode Resitasi, Hasil Belajar