GAMBARAN KEPUASAN PASIEN TENTANG PELAYANAN KESEHATAN DI UNIT GAWAT DARURAT PUSKESMAS POPAYATO KABUPATEN POHUWATO

FADLUN F SULA (841423202)
Skripsi
Pembimbing
Dr. Nasrun Pakaya, S.Kep, Ns, M.kep (0018117605)
Rachmawaty D. Hunawa, S.Kep, Ns, M.Kep (0012109008)
Tanggal Upload
06-02-2025
Abstract

Pelayanan yang baik di unit gawat darurat memerlukan standar sesuai dengan kompetensi dan kemampuannya sehingga dapat menjamin suatu penanganan gawat darurat dengan cepat dan penangananan yang tepat. Kepuasan pasien merupakan cerminan kualitas pelayanan yang diterima oleh pasien. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran kepuasan pasien tentang pelayanan kesehatan di Unit Gawat Darurat Puskesmas Popayato Kabupaten Pohuwato. Populasi dalam penelitian ini adalah semua pasien yang ada di UGD puskesmas Popayato dan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Accidental Sampling dengan jumlah 61 sampel. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan kuesioner. Hasil penelitian menunjukan bahwa kepuasan pasien diketahui dari 61 responden puas dengan jumlah 34 responden (55,7%), dan cukup puas 22 responden (36,1) dan tidak puas 5 responden (8,2%). Kesimpulan, salah satu faktor yang mempengaruhi kepuasan pasien adalah Fasilitasi sehingga perlu di tingkatkan Kata Kunci : Kepuasan, Pelayanan, UGD Daftar Pustaka : 16 (2010-2020)