STRATEGI KOMUNIKASI PERSUASIF PETUGAS LPKA DALAM PROGRAM PEMBINAAN DI LPKA KELAS II GORONTALO

RAIQA RAZWA TABA (291421047)
Skripsi
Pembimbing
CITRA F.I.L DANO PUTRI, S.Pd., M.I.Kom (0008108407)
LA HERE KAHARFIN, S.I.Kom., M.I.Kom (0923088907)
Tanggal Upload
25-06-2025
Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pendekatan komunikasi yang efektif dalam proses rehabilitasi anak yang pernah berkonflik dengan hukum. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui, menggambarkan, dan mengidentifikasi strategi komunikasi persuasif yang diterapkan oleh petugas di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Gorontalo dalam program pembinaan dengan menggunakan teori strategi komunikasi persuasif (Melvin De Fleur & Sandra Ball- Rokeach) dan metode penelitian kualitatif serta pendekatan studi kasus melalui observasi, wawancara bersama 5 orang informan yang ditentukan menggunakan teknik purposive sampling, dokumentasi dan studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi persuasif petugas LPKA kelas II Gorontalo dilakukan melalui pendekatan emosional, sosial, dan pengetahuan dengan menekankan prinsip dialog dua arah, dan penyesuaian teknik penyampaian sesuai karakter dan kondisi psikologis setiap anak. Kesimpulan dari penelitian ini menekankan bahwa strategi komunikasi persuasif petugas LPKA Kelas II Gorontalo mencakup pendekatan psikodinamik, sosiokultural, dan konstruksi makna yang berperan penting dalam mendukung program pembinaan dan membentuk perilaku Anak Binaan. Kata Kunci: Komunikasi Persuasif, Strategi Komunikasi, LPKA, Anak Binaan, Program Pembinaan