MOTIF OVERSHARING PADA GENERASI Z DI KALANGAN MAHASISWA JURUSAN ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO

AINUN CAHYA (281417040)
Skripsi
Pembimbing
RIDWAN IBRAHIM, S.Pd., M.Si (0012067107)
RUDY HAROLD, S.Th, M.Si (0030087507)
Tanggal Upload
05-09-2024
Abstract

Ainun Cahya, NIM 281417040, 2024 “Motif Oversharing Pada Generasi Z di Kalangan Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Negeri Gorontalo”. Skripsi Jurusan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo Tahun 2024 di bawah bimbingan Bapak Rudy Harold, S.Th., M.Si. Selaku Pembimbing 2 dan Bapak Ridwan Ibrahim, S.Pd., M.Si. Selaku Pembimbing 1. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana distingsi interaksi antara panggung depan di sosial media dengan panggung belakang kehidupan sehari-hari pada generasi Z di kalangan mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif yang dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan mengenai “Motif Oversharing Pada Generasi Z di Kalangan Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Negeri Gorontalo” menunjukkan bahwa ada tiga motif Oversharing yaitu : 1) Menjaga kepercayaan, 2) Bebas untuk mengekspresikan diri, 3) Pembentukan citra diri. Terdapat distingsi perilaku mahasiswa di sosial media dengan kehidupan nyata, sehingga tanpa disadari penggunaan sosial media seperti ini memberikan dampak negatif karena mulai terciptanya jarak antara konsep diri ideal dengan konsep diri yang sebenarnya. Kata kunci : Oversharing, Media Sosial