Nopianti Damopolii. 2023. Penggunaan Media Puzzle Gambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Sederhana Pada Siswa Kelas V di SDN 11 Kabila Kabupaten Bone Bolango. Dra. Evi Hasim, M.Pd selaku Pembimbing I dan Dra. Dajani Suleman, M.Hum selaku Pembimbing II. Masalah dalam penelitian ini adalah Apakah dengan menggunakan media puzzle gambar dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan sederhana pada siswa kelas V di SDN 11 Kabila Kabupaten Bone Bolango? Untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan sederhana melalui penggunaan media puzzle gambar di kelas V SDN 11 Kabila Kabupaten Bone Bolango. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini diantaranya tes, observasi dan dokumentasi. Observasi awal menunjukkan kemampuan menulis karangan sederhana pada siswa kelas V SDN 11 Kabila Kabupaten Bone Bolango mencapai 4 siswa yang mampu atau (22%), sedangkan yang belum mampu 14 siswa atau (78%). Pada pelaksanaan tindakan kelas siklus I pertemuan I kemampuan menulis karangan sederhana pada siswa meningkat menjadi 9 siswa atau (48%), pada siklus I pertemuan II meningkat menjadi 12 siswa atau (67%). Sementara pada pelaksanaan siklus II pertemuan I mengalami peningkatan menjadi 15 siswa atau (84%), selanjutnya pada siklus II pertemuan II terjadi peningkatan kemampuan menulis karangan sederhana menjadi 17 siswa atau (93%). Jadi dapat disimpulkan bahwa kemampuan menulis karangan sederhana pada siswa kelas V di SDN 11 Kabila Kabupaten Bone Bolango meningkat. Kata Kunci : Karangan sederhana, puzzle gambar