ANALISIS KONDISI JALAN MENGGUNAKAN METODE INTERNATIONAL ROUGHNESS INDEX DAN METODE SURFACE DISTRESS INDEX PADA RUAS JALAN BARAKATI-DUNGALIYO STA. 0+000-STA. 7+000

ZULKIFLI SAMAN (511416033)
Skripsi
Pembimbing
Ir. Frice L. Desei, S.T. (0003097303)
Ir. Fadly Achmad, S.T., M.Eng. (0021117702)
Tanggal Upload
19-06-2023
Abstract

Zulkifli Saman. 2023. Analisis Kondisi Jalan Menggunakan Metode International Roughness Index dan Metode Surface Distress Index pada Ruas Jalan Barakati-Dungaliyo Sta. 0+000-Sta. 7+000. Program Studi Teknik Sipil, Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I, Frice L. Desei, S.T., M.Sc. dan Pembimbing II, Fadly Achmad, S.T., M.Eng. Jalan Barakati-Dungaliyo sta. 0+000-sta. 7+000 merupakan jalan yang menghubungkan tiga kecamatan pada Kabupaten Gorontalo yakni Kecamatan Batudaa, Tabongo, dan Dungaliyo dengan panjang total 15,25 km. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kondisi jalan dengan metode IRI menggunakan alat SEB dan metode SDI serta memberikan informasi penelitian dalam bentuk pemetaan berbasis ArcGIS. Lokasi penelitian dilakukan pada ruas Jalan Barakati-Dungaliyo sta. 0+000-sta. 7+000 dari Kecamatan Dungaliyo Kabupaten Gorontalo. Data primer yang digunakan adalah jenis dan luas kerusakan jalan serta dokumentasi lapangan. Data sekunder yang digunakan adalah peta ruas Jalan Barakati-Dungaliyo beserta daftar ruas jalan. Analisis kondisi jalan dalam penelitian ini menggunakan metode IRI dan SDI, serta melakukan pemetaan untuk memberikan informasi kondisi jalan dengan menggunakan aplikasi GIS. Hasil penelitian pada ruas ini menunjukkan bahwa persentase kerusakan paling tinggi yaitu kerusakan pelepasan butiran sebesar 15,20?ri luas total ruas Jalan Barakati-Dungaliyo. Berdasarkan metode IRI dengan menggunakan alat SEB, persentase ketidakrataan jalan yaitu kondisi sedang sebesar 64,29%, kondisi rusak ringan sebesar 24,29 %, dan kondisi rusak berat sebesar 11,42?ngan penilaian rata-rata yang didapat yaitu 16,05 sehingga masuk dalam kategori kondisi jelek. Persentase kondisi jalan berdasarkan metode SDI yaitu kondisi baik sebesar 42,86%, kondisi sedang 25,71%, kondisi rusak ringan 30,00%, dan kondisi rusak berat sebesar 1,43?ngan penilaian rata-rata yang didapat sebesar 62,68 sehingga masuk dalam kategori kondisi sedang. Kata Kunci: International Roughness Index (IRI), Surface Distress index (SDI), Straight Edge Beam (SEB), Geographical Information System (GIS).