Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk media pembelajaran e-magnetic berbasis aplikasi Smart Apps Creator pada materi kemagnetan yang memenuhi kriteria kualitas dari segi validitas, kepraktisan dan keefektifan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development/R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Subjek penelitian adalah 21 orang peserta didik kelas IX-C SMP Negeri 11 Gorontalo Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Produk media pembelajaran e-magnetic berbasis Smart Apps Creator telah memenuhi kriteria kualitas media pembelajaran dengan perolehan skor rata-rata persentase untuk ahli materi 93,75?n perolehan skor rata-rata persentase untuk ahli media 96,88% yang masing-masing validitas termasuk kategori valid atau layak digunakan; (2) Aspek kepraktisan menunjukkan bahwa observasi keterlaksanaan pembelajaran memperoleh rata-rata persentase 88?ngan kriteria sangat baik dan respon peserta didik memperoleh rata-rata persentase yaitu 9?ngan kriteria sangat baik. Hasil yang diperoleh tersebut menunjukkan bahwa media pembelajaran e- magnetic berbasis Smart Apps Creator yang dikembangkan praktis; dan (3) Aspek keefektifan ditentukan melalui aktivitas siswa yang mencapai 84,42?ngan kriteria sangat baik dan hasil belajar untuk ranah kognitif pada materi kemagnetan mencapai nilai N-gain sebesar 0,70 termasuk dalam kategori tinggi dan hasil persentase klasikal hasil belajar peserta didik mencapai 80,12%. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran e-magnetic berbasis Smart Apps Creator pada materi Kemagnetan di SMP Negeri 11 Gorontalo telah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Kata Kunci: Media Pembelajaran e-magnetic, Smart Apps Creator, Kemagnetan