Tujuan dari penelitian untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Melalui Media Alfabet Card Siswa Kelas II SD Negeri 5 Tabongo Kab. Gorontalo. Membaca merupakan sarana untuk mempelajari dunia lain yang di inginkan sehingga manusia bisa memperluas pengetahuan dan menggali pesan-pesan atau informasi tertulis dalam bahan bacaan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas menggunakan model penelitian Kurt Lewin yang dilakukan dalam dua siklus. Pada siklus I sebanyak 2 kali tindakan dan siklus 2 sebanyak 2 kali tindakan, dengan kriteria keberhasilan 94,73%. Setiap siklus pada setiap pertemuannya terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pemantauan/evaluasi dan analisis/refleksi. Subjek penelitian yaitu 19 siswa kelas II SDN 5 Tabongo kabupaten Gorontalo. objek penelitian yakni kemampuan membaca. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, catatan lapangan dan tes. Instrumen penelitian yang digunakan berupa instrumen lembar observasi yang berbentuk check list. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media Alfabet Card dapat meningkatkan kemampuan membaca pemulaan. Pada tahap pra tindakan persentase rata-rata ketercapaian anak baru mencapai persentasi 35,52%. Pada pelaksanaan Siklus I persentase yang dicapai sebesar 26,3%, dan pencapaian kemampuan membaca pemulaan pada siklus II sebesar 84,21%. Peningkatan dari Siklus I ke Siklus II sebesar 57,91%. Berdasarkan data yang telah diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media Alfabet Card dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas II SDN 5 Tabongo Kecamatan Batudaa Kabupaten Gorontalo. Kata Kunci: Membaca, Media Alfabet Card