Ragil Darise 2023, Penggunaan Metode Tebak Kata Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I SDN 76 Kota Tengah Kota Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Ratnarti Pahrun, M.Pd dan Pembimbing II Dra. Dajani Suleman, M.Hum Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah dengan penggunaan Metode Tebak Kata dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas I SDN 76 Kota Tengah Kota Gorontalo”. Tujuan Penelilitian ini meningkatkan kemampuan membaca permulaan melalui metode penggunaan metode tebak kata siswa kelas I SDN 76 Kota Tengah Kota Gorontalo. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokemntasi. Hasil pelitian dapat dilihat setelah dilakukan tindakan siklus I pertemuan I dari 24 orang siswa, 6 orang siswa yang mampu mencapai kemampuan membaca permulaan dan 18 orang siswa tidak mencapai kemampuan membaca permulaan. Pada siklus I pertemuan II terdapat 8 orang siswa yang mampu mencapai kemampuan membaca permulaan dan 16 orang siswa tidak mencapai kemampuan membaca permulaan. Karena kegiatan pembelajaran pada siklus I pertemuan I dan II belum mencapai kriteria kemampuan membaca permulaan yang diingikan maka dilanjutkan pada Siklus II pertemuan I dari 24 orang siswa, 13 orang siswa yang mampu mencapai kemampuan membaca permulaan dan 11 orang tidak mencapai kemampuan membaca permulaan. Kemudian pada siklus II pertemuan II terdapat 18 orang siswa yang mampu mencapai kemampuan membaca permulaan dan 6 orang siswa yang tidak mampu mencapai kemampuan membaca permulaan. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode permainan tebak kata pada kelas I SDN 76 Kota Tengah Kota Gorontalo Meningkat. Kata Kunci : Metode Tebak Kata, Membaca Permulaan