Marta M Nento, NIM 221419047. "Peran Guru PPKn dalam membina siswa berperilaku menyimpang (studi kasus siswa keluarga broken home di MTS Negeri 2 di Desa Wakai kecamatan Una-Una kabupaten Tojo Una-Una)" Skripsi: Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Ilmu Hukum dan Kemasyarakatan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Hj. Sukarman Kamuli, M.Si. Pembimbing II Yuli Adhani, S.Pd.M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) bentuk-bentuk penyimpangan (studi kasus siswa keluarga broken home di MTS Negeri 2 di Desa Wakai kecamatan UUna-Una Kab. Tojo Una-Una), (2) peran guru PPKn dalam membina perilaku menyimpang (Studi Kasus Siswa Keluarga Broken Home di MTS Negeri 2 di Desa Wakai Kecamatan Una-una Kab. Tojo Una-Una). Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian akan dianalisis mengikuti model analisis Miles dan Huberman yaitu: 1. Data Reduction (Reduksi data), 2. Data Display (Penyajian Data), 3. Conclusion Drawing (Menarik Kesimpulan). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1). bentuk-bentuk penyimpangan (studi kasus siswa keluarga broken home di MTS Negeri 2 di Desa Wakai kecamatan Una-Una kabupaten Tojo Una-Una), yaitu bolos sekolah, tidak masuk tanpa keterangan,, tidak mengerjakan PR, melawan guru, dan berkelahi dengan teman. 2). peran guru PPKn dalam membina siswa berperilaku menyimpang (Studi Kasus Siswa Keluarga Broken Home di MTS Negeri 2 di Desa Wakai Kecamatan Una-una Kab. Tojo Una-Una). yaitu : sebagai pembimbing, sebagai motivator, dan sebagai Evaluator. Kata Kunci: Peran, Guru PPKn, Penyimpangan Siswa, Keluarga Broken Home