PENGARUH KUALITAS LAYANAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK (SIAT) TERHADAP TINGKAT KEPUASAN MAHASISWA PROGRAM STUDI S1 MANAJEMEN FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO

ARNOL KUSMIN (931418070)
Skripsi
Pembimbing
Mohamad Agussalim Monoarfa, SE, MM (0017088001)
Andi Juanna, S.Pd, M.Sc (0017088001)
Tanggal Upload
17-06-2023
Abstract

Arnol Kusmin, 2023. “Pengaruh Kualitas Layanan Sistem Informasi Akademik (SIAT) Terhadap Tingkat Kepuasan Mahasiswa Program Studi S1 Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo”. Skripsi, Program Studi S1 Manajemen, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo, dibawah bimbingan Bapak Mohamad Agussalim Monoarfa, SE., MM. dan Bapak Andi Juanna., S.Pd., M.Sc. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas layanan sistem informasi akademik (SIAT) terhadap tingkat kepuasan mahasiswa. Penelitian ini menggunakan 90 sampel responden pada Mahasiswa Program Studi S1 Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo. Jumlah sampel yang diambil dalam penelitian ini menggunakan rumus Slovin. Metode sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik sampel non probablity sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner, jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil uji kualitas layanan berpengaruh positif terhadap tingkat kepuasan mahasiswa di Program Studi S1 Manajamen. Hal ini menunjukkan jika semakin baik kualitas layanan sistem informasi akademik (SIAT) maka tingkat kepuasan mahasiswa juga akan ikut meningkat. Variabel kualitas layanan dalam menjelaskan variabel tingkat kepuasan mahasiswa sebesar 34,6% sedangkan sisanya 65,4% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dan dijelaskan dalam penelitian ini. Kata Kunci: Kualitas Layanan, Tingkat Kepuasan Mahasiswa.