MOTIVASI KERJA TERHADAP KUALITAS PELAYANAN DI RSUD OTANAHA KOTA GORONTALO

GRACE TUMEWU (717521033)
Tesis
Pembimbing
Prof. Dr. Herlina Jusuf, M.Kes (0001106308)
Dr. Laksmyn Kadir, S.Pd, M.Kes (0014037503)
Tanggal Upload
24-01-2024
Abstract

Grace Tumewu, 2024. Motivasi Kerja Terhadap Kualitas Pelayanan Di Rsud Otanaha Kota Gorontalo. Program Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo di bawah bimbingan Prof. DR. Herlina Jusuf, M.Kes dan DR. Laksmyn Kadir,M. Kes. Motivasi memiliki dampak yang signifikan terhadap kualitas pelayanan rumah sakit. Karyawan yang termotivasi cenderung menunjukkan kinerja lebih baik, berkomitmen tinggi terhadap pelayanan, dan lebih inovatif dalam mencari solusi perbaikan. Peningkatan kualitas pelayanan di RSUD Otanaha Gorontalo banyak faktor yang mempengaruhi baik secara teoritis maupun empirik. Tujuan penelitian yaitu untuk untuk menganalisis tentang pengaruh motivasi kerja terhadap kualiatas pelayanan di RSUD Otanaha Kota Gorontalo. Metode Penelitian ini menggunakan desain kuantitatif dengan metode eksplanatori survey, yakni metode causality research untuk menjelaskan sebab akibat yang terjadi. Keseluruhan populasi berjumlah 294 orang dengan jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 169 responden. Hasil penelitian menunjukkan motivasi ekstrinsik kategori baik sejumlah 165 orang (97.6%), motivasi ekstrinsik kategori cukup yaitu sejumlah 4 orang atau (2.4%) dari 169 responden dan motivasi instrinsik kategori baik sejumlah 157 orang (92.9%), motivasi ekstrinsik kategori cukup yaitu sejumlah 12 orang atau (7.1%) dari 169 responden. Kualitas Baik sejumlah 167 orang (98.8%) dan kualitas cukup yaitu sejumlah 2 orang atau (1.2%) dari 169 responden. motivasi ekstrinsik dan instrinsik memiliki rata-rata yang berbeda-beda dengan rata-rata mean 1.01 - 1.17. Motivasi kerja pegawai dengan kualitas layanan mempunyai hubungan yang kuat sebesar 0.762. Motivasi kerja pegawai berpengaruh secara signifikan terhadap kualitas pelayanan di RSUD Otanaha Kota Gorontalo. Diharapkan untuk meneliti variabel independen lain yang berkontribusi pada kualitas pelayanan pada karyawan sehingga nantinya akan memperkaya pembahasan pada kualitas pelayanan pegawai dalam berbagai variabel yang lain. Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Motivasi Ekstrinsik, Motivasi Instrinsik.