PENGARUH METODE P2R (PREVIUW, READ, REVIUW) TERHADAP KEMAMPUAN MENYIMPULKAN ISI BERITA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 LEMITO

FITRIANI NADIMAN (311419037)
Skripsi
Pembimbing
Dr. Salam, S.Pd., M.Pd (0006087703)
Eka Sartika, S.Pd., M.Pd (0022128602)
Tanggal Upload
15-01-2024
Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan menyimpulkan isi berita menggunakan metode P2R (preview, read, reviuw) dan metode konvensional siswa di SMP Negeri 1 Lemito, serta apakah terdapat pengaruh penerapan metode membaca P2R (preview, read, reviuw) terhadap kempuan menyimpulkan isi berita pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Lemito. Metode dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain Nonequivalent Group Pretest Posttest Desig. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi dan teknik tes berbentuk tes keterampilan. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas dengan rumus liliefors dan uji homogenitas dengan rumus fisher, dilanjutkan dengan uji hipotesis dengan rumus independent sample t test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Skor rata-rata kemampuan menyimpulkan isi berita menggunakan metode konvensional adalah 67. (2) Skor rata-rata kemampuan menyimpulkan isi berita menggunakan metode P2R (preview, read, reviuw) adalah 80. (3) Terdapat pengaruh signifikan metode P2R (preview, read, reviuw) terhadap kemampuan siswa menyimpulkan isi berita yang dibuktikan dengan thitung = 15,11 dan ttabel = 2,006, karena thitung > ttabel maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian hipotesis yang berbunyi pengaruh metode P2R (preview, read, reviuw) terhadap kemampuan siswa menyimpulkan isi berita siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Lemito dapat diterima. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penerapan metode P2R (preview, read, reviuw) terhadap kemampuan siswa menyimpulkan isi berita. Kata Kunci: pengaruh, metode membaca, P2R (preview, read, reviuw), kemampuan, menyimpulkan isi berita, siswa