Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh penggunaan CNC Simulator terhadap Motivasi Belajar Siswa pada mata pelajaran Teknik Pemesinan CNC di SMKN 1 Paguyaman; (2) Pengaruh penggunaan CNC Simulator terhadap Penguasaan Kompetensi Siswa pada mata pelajaran Teknik Pemesinan CNC di SMKN 1 Paguyaman. Jenis penelitian yang digunakan adalah Pre-Experimental dengan desain One Grup Pre-Test & Post-Test dikombinasikan dengan One-Shot Case Study. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI Teknik Pemesinan SMKN 1 Paguyaman berjumlah 15 orang siswa. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan Angket dan Tes. Analisis data yang digunakan adalah Uji Paired Sample t-test dan One Sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Terdapat pengaruh penggunaan CNC Simulator terhadap Motivasi Belajar Siswa pada mata pelajaran Teknik Pemesinan CNC di SMKN 1 Paguyaman berdasarkan nilai thitung ≤ ttabel yaitu -28,221 ≤ 1.761 dengan signifikansi 0,000 < 0,05; (2) Terdapat pengaruh penggunaan CNC Simulator terhadap Penguasaan Kompetensi Siswa pada mata pelajaran Teknik Pemesinan CNC di SMKN 1 Paguyaman berdasarkan nilai thitung ≥ ttabel yaitu 4,513 ≥ 1.761 dengan signifikansi 0,000 < 0,05. Kata Kunci: CNC Simulator, Motivasi Belajar, Penguasaan Kompetensi, Pemesinan CNC.