Penelitian ini didasarkan pada rendahnya hasil belajar siswa yang ditunjukkan oleh nilai rata-rata yang belum mencapai kriteria ketuntasan minimal KKM, serta penggunaan metode konvensional yang kurang interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Konsentrasi Keahlian Teknik Komputer Jaringan, Khususnya pada materi konfigurasi jaringan LAN sederhan. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode Kuasi Eksperimen dengan Desain penelitian yang digunakan adalah one group pretest-posttest design. Sampel penelitian ini menggunakan kelas XI TKJT dengan jumlah 21 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes pretest dan posttest. Hasil analisis data menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada hasil belajar siswa yang telah diterapkannya model PjBL, yang ditunjukkan oleh nilai rata-rata posttest sebesar 81,43 dibandingkan dengan hasil pretest sebesar 48,33. Uji Paired sample t-test menghasilkan hasil nilai signifikansi 0,000 < 0,05, yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara hasil belajar sebelum dan sesudah perlakuan. Uji efektivitas menggunakan Uji N-Gain mendapatkan hasil sebesar 0,60 yang termasuk dalam kategori sedang. Oleh karena itu, Penerapan model pembelajaran Project Based Learning efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Konsentrasi Keahlian Teknik Komputer Jaringan materi konfigurasi jaringan LAN sederhana. Kata Kunci : Hasil Belajar, Jaringan LAN Sederhana, Project Based Learning, Teknik Komputer Jaringan.